Black Market dan Sejarah Perkembangannya

Assalamualaikum…

Black Market.. bukan istilah asing bagi kita saat ini. Penulis secara pribadi mulai mendengar isitilah ini pada tahun 2009 akhir.. yang dimana pada saat itu lagi gencarnya satu HP yang dijual dalam golongan ini 😀

Kutipan Wikipedia :

“Pasar gelap/Black Market ialah sektor kegiatan ekonomi yang melibatkan transaksi ekonomi ilegal, khususnya pembelian dan penjualan barang dagangan secara tak sah”.


Sumber dari semua Black Market adalah adanya larangan atau pembatasan barang-barang tertentu oleh pemerintah sehingga terjadi penyelundupan. Larangan atau pembatasan pemerintah bisa bermacam-macam cara, larangan berarti berurusan dengan hukum pidana(contohnya: narkoba, bahan peledak, senjata).

Black Market
Black Market

Sedangkan pembatasan bisa berbentuk pajak yang tinggi(contohnya: rokok, minuman keras), syarat-syarat yang ketat(maksudnya demi kepentingan kemaslahatan rakyat, contohnya: kayu), lisensi dan/atau hak kekayaan intelektual (HaKI) yang dimiliki oleh seseorang atau perusahaan dapat menjadi dasar hukum pemerintah untuk melarang barang bajakan, kuota (contohnya: beras, gula), dan lain-lain. Sumber dari Black Market dapat juga berupa sembunyi-sembunyi karena bertentangan dengan norma-norma masyarakat, seperti prostitusi, barang-barang porno, jimat, ilmu hitam, dan lain-lain (sebagian besar yang bertentangan dengan norma masyarakat sudah dibuatkan peraturan pemerintahnya).

Beikut adalah contoh Black Market Klasik & Modern (dilihat secara fundamental)..


Klasik :

– Alkohol

– Prostitusi

– Senjata Api


Modern :

– Elektronik

– Surat – surat penting (ijazah, BPKB palsu, dll)

– Alkohol

– Senjata Api


Dapat ditarik suatu kesimpulan, sebagian besar Black Market merupakan golongan-golongan barang yang dapat merugikan serta “dilarang” (jika dikorelasikan secara agama). Esensi yang penulis tangkap dari kata “Black Market” adalah memudahkan dengan cara yang mudah pula untuk mendapatkannya.

SEKIAN…

 

Tinggalkan komentar